Pemerintahan Desa TamansariPemerintahan Desa TamansariPemerintahan Desa Tamansari
Call Desa Online
Pemerintahan Desa TamansariPemerintahan Desa TamansariPemerintahan Desa Tamansari

Apdesi Kabupaten Serang Dukung Perpanjangan Masa Jabatan Kades Jadi Sembilan Tahun

  • Beranda
  • Berita Desa
  • Apdesi Kabupaten Serang Dukung Perpanjangan Masa Jabatan Kades Jadi Sembilan Tahun

SERANG, RADARBANTEN.CO.ID – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Serang mendukung rencana perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades) dari enam tahun menjadi sembilan tahun.

Sekadar diketahui, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengusulkan perubahan masa jabatan kepala desa dari enam tahun menjadi sembilan tahun.

Namun, perpanjangan masa jabatan itu tidak mengurangi batas maksimal jabatan kades. Jika sebelumnya enam tahun dengan maksimal tiga periode, kali ini diusulkan sembilan tahun dengan maksimal dua periode.

Wakil Ketua APDESI Kabupaten Serang M Aopidi mengatakan, isu perpanjangan masa jabatan kades itu sebetulnya sudah bergulir sejak lama. Bahkan, berdasarkan informasi yang ia terima kebijakan tersebut sudah diundang-undangkan namun belum disahkan.

“Informasi yang saya terima, rencana disahkannya di tahun 2023,” kata Aopidi yang juga menjabat Kepala Desa Kadugenep, Kecamatan Petir, Rabu (23/11/2022).

Pihaknya mendukung rencana perpanjangan masa jabatan kades tersebut. Menurutnya, perpanjangan masa jabatan itu lebih efektif dibanding tiga periode dengan masa enam tahun setiap periodenya.

“Kita sepakat maksimal dua periode dengan masa jabatan sembilan tahun setiap periodenya,” ujarnya.

Menurutnya, perpanjangan masa jabatan kades itu akan lebih memudahkan proses pembangunan di desa. Sehingga kepala desa dapat fokus bekerja selama sembilan tahun.

“Kalau hanya enam tahun dalam satu periode, sulit untuk melakukan penataan di desa,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga menilai kebijakan itu dapat memininalisasi konflik horizontal di masyarakat akibat pemilihan kepala desa (Pilkades).

“Pilkades itu potensi konfliknya sangat besar, jadi kalau pemilihan hanya dua kali dengan sembilan tahun masa jabatan, akan mengurangi potensi konflik,” ujarnya.

Reporter: A Rozak

Sumber: https://www.radarbanten.co.id/apdesi-kabupaten-serang-dukung-perpanjangan-masa-jabatan-kades-jadi-sembilan-tahun/

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.